-->
Mollusca – Pengertian dan Ciri Cirinya
Calon Ops-Mollusca merupakan salah satu phylum yang berasal dari kingdom animalia yang memiliki beragam jenis, karena setidaknya ada sekitar 85.000 jenis mollusca yang masih hidup dan ditemukan di bumi. Diperkirakan ada sekitar 200.000 mollusca yang ada di bumi.

Mollusca – Pengertian dan Ciri Cirinya

Pengertian Moluska
Mollusca berasal dari bahasa Yunani yaitu Molluscus yang berarti lunak, maka secara umum arti Mollusca adalah hewan yang bertubuh lunak. Hewan ini memiliki ciri khas tubuh lunak dan termasuk ke dalam kelompok hewan phylum.

Mollusca adalah kelompok hewan bertulang belakang atau avertebrata yang bertubuh lunak dan memiliki struktur tubuh berupa triploblastik selomata. Apabila menurut perkembangannya mollusca ini masih memiliki hubungan kekerabatan dengan kelompok verterbrata.

Mollusca merupakan phylum kedua yang terbesar pada kerajaan hewan setelah kelompok phylum arthoporoda. Kelompok Mollusca ini sendiri dapat ditemukan dengan sangat mudah di perairan mau pun di daratan, meskipun mempunyai ciri khas tubuh yang lunak akan tetapi ada beberapa mollusca yang memiliki cangkang. Cangkang ini memiliki fungsi untuk melindungi tubuh lunaknya

Beberapa hewan yang masuk ke dalam jenis Mollusca ini antara lain seperti Gurita, cumi, keong, tiram merupakan hewan yang masuk ke dalam kelompok phylium molluska.

Ciri – Ciri Mollusca
Sudah dijelaskan di atas jika mollusca sendiri memiliki beberapa ciri ciri yang membedakannya dengan hewan yang lainnya, beberapa ciri ciri mollusca yang dapat dilihat dengan mudah adalah memiliki tubuh yang luna.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa ciri ciri dari mollusca yang dapat dibedakan dari hewan yang lainnya.


  1. Mempunyai tubuh yang lunak.
  2. Tidak mempunyai tulang belakang.
  3. Tubuh mollusca hanya terdiri dari kaki, badan dan juga mantel.
  4. Mempunyai sekitar tiga lapisan embrio dan rongga di dalam tubuhnya yang biasa disebut          dengan triploblastik selomata.
  5. Sistem syaraf dari hewan ini berupa cincin syaraf.
  6. Mempunyai sistem pencernaan yang lenkap.
  7. Mollusca menggunakan nefrida sebagai sistem ekskresi.


Demikian pembahasan kali ini menganai mollusca mulai dari pengertian hingga ciri ciri yang membedakan hewan ini dengan jenis hewan yang lainnya.

LihatTutupKomentar