-->
Pengan Jadi Penulis Cerpen Nggak Tahu Caranya? Lihat Disini Saja
Genre sastra dalam dunia penulisan memang tidak asing bagi kita. Bahkan, banyak Penulis best seller seringkali didominasi dengan nuansa sastra. Khususnya, penulisan berbentuk cerita. Cenderung disukai oleh para Pembaca. 

Baik itu Novelis maupun Penulis Cerpen. Pasalnya, karya naratif cenderung menyajikan bahasa yang indah dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga, segmen Pembaca-nya pun luas. Tidak heran, tulisan sastra berjenis cerpen atau novel sering menjadi tranding topik. 

Contohnya, belum lama ini booming tentang Dillan dan Milea dalam karya novel Pidi Baiq. Quote yang super romantis, mampu melelehkan beragam kalangan. Bahkan, banyak orang mengutip kata-kata dari sang Pengarang tersebut.

So, agar kamu bisa jadi Penulis Cerpen terkenal. Perlu menciptakan sebuah karya yang dekat dengan kehidupan para Readers. Selain itu, perlu didukung skill menulis yang mumpuni. Serta, memiliki ciri khas unik yang bikin Pemirsa makin penasaran dengan karya kamu. 

Pengan Jadi Penulis Cerpen Nggak Tahu Caranya Lihat Disini Saja

Nah, biar lebih jelasnya. Kamu perlu perhatikan yang di bawah ini. Terkait, cara agar bisa menjadi seorang Author Cerpen. Cekidot.

Peka Terhadap Pengalaman Hidup
Menjadi seorang Cerpenis, harus peka terhadap pengalaman hidup. Dikarenakan, itu akan menjadi inspirasi dan bahan yang akan kamu tulis. Buat pengalaman hidup sedramatis mungkin. Jangan biarkan hidup kamu monoton. Karena, itu akan mematikan sumber ide dalam menulis karya sastra.

Terbiasa Berimajinasi
Biasakan pikiran kamu berkelana. Selalu imajinasikan sesuatu yang menarik. Agar karya kamu semakin mengejutkan. So, Pembaca pun akan semakin penasaran untuk terus menunggu karya kamu.

Banyak Bercerita dan Mendengarkan Cerita
Seorang Novelis maupun Cerpenis selalu suka bercerita sebanyak mungkin pada orang tentang kisah hidupnya. Begitupun, dia juga sangat tertarik mendengarkan cerita hidup orang lain. Dikarenakan itu menjadi kekayaan dalam menuangkan tulisan naratif.

Terus Mengolah Kata
Terus olah kekayaan kosakata kamu sebanyak mungkin. Karena, itu yang akan membuat tulisan kamu tidak akan pernah merasa kehabisan cerita.

Terus Menulis
Tidak akan pernah menjadi Penulis cerita yang menarik jika kamu tidak konsisten menulis. Entah karya kamu diterima terbit atau tidak, teruslah menulis. Karena, itu yang akan membuat kualitas tulisan kamu semakin bagus.

Membaca Novel atau Cerita Sebagai Pembanding
Banyaklah membaca karya novel atau cerpen Penulis-penulis Ternama. Agar, kamu bisa terinspirasi dan membandingkan dan mengukur sejauh mana kemampuan menulismu.

Kuasai Trik Karya Fiktif
Dalam karya fiktif seperti cerpen selalu mengandung trik. Seperti cara membuat alur yang bagus dengan memadukan alur maju mundur. Membuat opening yang mengejutkan. Menulis ending yang menggantung, dan membuat Pembaca penasaran. Atau closing yang sulit ditebak. Serta, masih banyak lainnya.

Terbitkan
Tidak akan pernah menjadi Cerpenis jika karya kamu tidak diterbitkan. Maka, publikasikan tulisan kamu ke berbagai media ataupun penerbit buku. Misalnya, membuat antologi cerpen dengan menerbitkan di penerbit indie. Atau, mengirim cerpen ke majalah atau koran yang menyediakan rubrik sastra.

Demikianlah artikel tentang cara manjur jadi Penulis Cerpen. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda, untuk mencapai harapan. Agar cita-cita Anda segera terwujud. Maka, terapkan cara di atas dengan komitmen yang kuat. Jangan pernah patah semangat. Karena, menjadi seorang Author itu tidak bisa instan. Semua perlu proses, dan harus menikmatinya. Terus mencoba dan pantang mundur itu solusinya. Sekian dari kami, dan terimakasih.




LihatTutupKomentar