-->
Cara Membuat Website Sendiri Ala Calon Ops
Calon Ops- Kembali lagi, kali ini  saya akan membahas tentang  Cara Membuat Website Sendiri  karena kita ketahui bahwa di Era sekarang ini kebutuhan akan internet sudah menjadi hal yang lumrah.

Banyak orang yang ingin belajar membuat website namun masih pusing bagaimana cara memulainya. Apalagi ternyata anda belum faham apa itu domain ataupun hosting.
Baiklah kali ini, admin akan menjelaskan langkah cara membuat website dari pertama untuk para pemula.
Cara Membuat Website Sendiri


Domain
Domain adalah nama website, untuk pemesanan nama domain kita bisa jasa penyedia domain diantaranya niagahoster Penting sekali untuk menggunakan nama domain yang sesuai dengan isi website yang anda buat.

Jika sudah menentukan dan memiliki nama domain yang anda inginkan. Maka langsung saja teman-teman melakukan pengecekan ketersediaan nama domain tersebut di situs penyedia domain.

Karena semakin hari semakin banyak domain yang telah digunakan, Jadi Kita harus cepat rebut-rebutan nama domain dengan jutaan blogger diseluruh Indonesia bahkan dunia. Siapa cepat dia dapat hehehehe....

Hosting
Jika kita ibaratkan sebuah website adalah warung/toko maka domain adalah produk yang ingin kita jual sedangkan hosting adalah rumahnya. Didalam sebuah warung kita bisa menjual banyak barang yang kita inginkan.

Biasanya satu hosting bisa menampung hingga 10 domain. Harga hosting pun bervariasi juga, Bagi yang masih ragu cara menggunakan hosting lebih baik menggunakan hosting gratis yang disediakan oleh blogspot.com

Cara Membuat Website Tanpa Order Hosting
Kita bisa membuat website tanpa membeli hosting. Cukup dengan membeli domain kita sudah bisa membangun website sendiri. Kali ini saya akan memberikan contoh menggunakan hostingan gratis ala blogspot.com .

Saya beri contoh kali ini website calonops.com ini. Awalnya saya membuat sebuah blog berjudul calonops.blogspot.com namun karena merasa perlu untuk membangun sebuah blog profesional yang TLD (top level domain) maka sayapun memesan nama domain www.calonops.com

Cara Membuat Website Sendiri

Yang penting setelah membeli domain segeralah untuk melakukan pengalihan dari blogspot ke domain yang sudah  anda beli tadi.

Kita tetap melakukan aktivitas ngeblog dengan menggunakan jasa blogspot hanya saja domain website kita sudah berubah menjadi TLD.

Di Indonesia suatu situs yang menggunakan alamat blogspot ataupun wordpress biasa disebut blog. Sedangkan situs yang tidak lagi menggunakan embel-embel blogspot ataupun wordpress biasa disebut website. Padahal didalam dunia blogging, baik itu yang menggunakan jasa blogspot ataupun sudah menjadi TLD tetap saja disebut blog. Maka ada istilahnya “blogger” tapi tidak ada istilah “websiter”.


LihatTutupKomentar