-->
Cara memperbaiki File Microsoft Excel yang tidak Bisa Dibuka
Microsoft Excel adalah salah satu editor spreadsheet paling populer dibawah suite Microsoft Office. Ini memungkinkan pengguna untuk mengedit lembar kerja excel dan file CSV saat bepergian. Namun, ada beberapa contoh di mana Microsoft Excel tidak terbuka sama sekali.



Gagal saat membuka lembar kerja di Excel mungkin terjadi diakibatkan dari koneksi jaringan jika secara online atau dari direktori local Drive C program tersebut. Beberapa kasus, lembar kerja bisa berfungsi saat dibuka online atau tidak online tetapi muncul masalah aplikasi tidak berjalan dengan baik. Hal ini sangat sering terjadi di aplikasi Microsof Excel dan bisa diselesaikan secara sederhana tanpa rumit.


Mengapa Lembar Excel saya tidak bisa berjalan atau terbuka?

Alasan mengapa lembar kerja Excel Anda tidak terbuka sangat beragam penyebabnya. Beberapa penyebab mengapa Excel gagal dibuka adalah tetapi tidak terbatas pada:

  1. File instalasi Excel: File instalasi Excel (file instalasi Microsoft Office) mungkin rusak atau ada beberapa modul yang hilang.
  2. File tersembunyi: File yang Anda coba akses disembunyikan dan dibuka oleh Anda
  3. Mengakses file secara online: Ada beberapa hambatan ketika mencoba mengakses file dari beberapa lokasi lain daripada direktori lokal AndaSebelum kita melanjutkan dengan solusi, pastikan Anda masuk sebagai administrator dan memiliki koneksi internet aktif.

Solusi 1. Perbaiki Program Microsoft Officenya 

Sebagian besar kasus file Microsoft Excel tidak dapat dibuka dalam lembar kerja adalah instalasi program Microsoft Office mengalami masalah atau rusak ada beberapa atau satu file yang hilang. Hal tersebut diakibatkan pada saat proses instalasi program Microsoft Excel tidak selesai 100%. Oleh karena itu anda akan menemukan file excel yang tidak bisa dibuka. Untuk memperbaikinya bisa melalui application manager (aplikasi manager).
  • Tekan tombol Windows (bendera) + R. setelah muncul kotak dialok ketik appwiz.cpl lalu tekan enter.
  • Setelah di aplikasi manager. Cari program Microsoft Office. Klik kanan dan pilih Change. Jika ada opsi perbaikan Repair anda bisa mengkilknya langsung.

  • Pilih ospi perbaikan atau Repair dan tekan Continue. 
  • Serakang ikuti instruksi di layar sampai dengan selesai. Setelah itu Restart computer Anda dan persika apakah dapat membuka file Excel atau tidak. 

Solusi 2: Hapus atau Sembunyikan Lembar Kerja 

Jika Anda mengalami masalah dimana bisa membuka file excel dalam layar tetapi tidak bisa untuk mengeditnya, itu kemungkinan lembar kerja excel Anda tersembunyi dari tampilan. Microsoft excel memiliki fitur di mana pengguna dapat menyembunyikan lembar kerja, baris, atau kolom dari tampilan kerja excel. Untuk mengantisipasi hal tersebut Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk dapat memperlihatkan sheet nya. 

a. Buka file excel Anda 
b. Setelah itu klik View dari tab menu atas dan klik Unhide
c. Lembar kerja Anda sekarang tidak akan hilang dan Anda dapat mengedit lembar kerja tersebut. Jika baris atau kolom hilang atau tersembunyi dari lembar kerja Anda. Anda dapat Format > Hide & Unhide > Unhide Rows/Columns 

Solusi 3: Mengubah File Directory 

Ada beberapa batasan jika Anda tidak bisa membuka/mengakses file dari lokasi lain selain dari penyimpanan di dalam drive computer Anda. Banyak beberapa pengguna excel yang tidak bisa membuka filenya. Untuk 
  • Nama file dan jalur dibatasi hingga 254 karakter . Jika salah satu dari mereka melebihi 254 karakter, Excel tidak akan dapat membuka file. 
  • Jika Anda membuka file dari tab 'Buka' di Excel, coba buka file melalui penelusuran . Tampaknya jalur yang terdaftar di sana tidak memperbarui secara otomatis dan menyimpan direktori lama di properti mereka (jika Anda telah mengganti nama atau memindahkan file). 

Karena masalah teknis ini, Anda disarankan untuk membuka file dari penyimpanan lokal Anda, yaitu file tersebut harus disimpan secara fisik di hard drive komputer Anda, bukan dari jaringan atau pada modul lain. 

Catatan: Anda juga dapat mencoba menonaktifkan add-in yang diinstal di Excel Anda. Ini diketahui menyebabkan masalah dengan peluncuran terkadang. 

Solusi 4: Menginstal ulang Office Suite 

Jika semua metode di atas tidak berfungsi, Anda dapat mencoba menginstal ulang Microsoft Office suite sepenuhnya. Ada beberapa celah yang bahkan utilitas perbaikan tidak dapat memperbaiki (seperti dalam Solusi 1). Pastikan Anda memiliki kunci produk Anda dan kredensial akun Microsoft Anda karena Anda kemungkinan besar akan diminta memasukkannya lagi nanti. 

Tekan Windows + R, ketik “ appwiz. cpl ”di kotak dialog dan tekan Enter. 

Setelah di manajer aplikasi, cari entri Microsoft Office. Klik kanan dan pilih Uninstall . 


Sekarang masukkan CD (jika ada) atau unduh versi terbaru yang tersedia dari situs web resmi Microsoft. 

Catatan: Anda juga harus memastikan bahwa Anda memiliki Office dan Windows versi terbaru yang diinstal pada komputer Anda. Pastikan Anda menginstal semua pembaruan keamanan Office Suite yang dirilis melalui pembaruan Windows. 

Sumber rujukan: https://appuals.com/


LihatTutupKomentar