-->
3 Langkah Membuat Daftar Riwayat Hidup Hanya Satu Halaman


Riwayat hidup atau curriculum vitae yang baik hanya satu halaman tetapi seudah mencangkup semua yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan. Karena jika lebih dari satu halaman kemungkinan manajer perekrutan perusahaan tidak akan membaca semuanya. Jika riwayat hidup terlalu panjang kemungkinan besar terlalu banyak informasi yang tidak dibutuhkan. Buatlah daftar riwayat hidup dalam satu halam dengan menyesuaiakan pekerjaan yang akan dilamar kemudian perbaiki dengan baik agar menjadi simple dan spesifik.

Ada beberapa bentuk format isi yang paling sering ditampilkan: kop (letterhead) biasanya berisi nama dan alamat serta nomor telepon, heading (jenis pekerjaan yang dilamar), summary (ringkasan kemampuan dalam bidang pekerjaan yang dilamar, technical skill (keterampilan teknis atau kemampuan sipelamar), professional experience (pengalaman kerja) dan education & certificate (riwayat pendidikan dan sertifikat pendukung).


Sumber:https://www.wikihow.com/Keep-Your-Resume-to-One-Page

Jika masih lebih dari satu halaman coba sesuaikan format apa saja yang harus ditampilkan dalam riwayat tersebut. Ada beberapa metode yang bisa dijadikan referensi untuk membuat daftar riwayat hidup menjadi satu halaman. 

A. Sesuaikan Daftar Riwayat Hidup Anda denan Pekerjaan yang dilamar

1. Hilangkan item yang tidak relevan dengan pekerjaan yang anda lamar

Meskipun anda bangga dengan pengalaman kerja atau pendidikan yang anda miliki banyak tetapi tidak sesuai dengan pekerjaan yang ada lamar lebih baik dihilangkan saja, Jadi intinya menampilkan segala sesuatu yang relevan dengan peluang kerja yang Anda lamar. Tipsnya misalkan jika anda memiliki latar belakang pendidikan ataupun professional yang bervariasi tidak usah semuanya ditampilkan cukup yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.

2. Tampilkan kemampuan yang lebih dengan pelamar lain

Tampilkan kemampuan yang baik yang sesuai dengan pekerjaan yang lamar sehingga pemimpin perusahaan meyakinan bahwa kemampuan anda patut untuk dipertimbangkan. Misalkan menguasai computer tampilkan dengan kecepatan mengekitik berapa halaman dalam berapa menit, menguasai lima bahasa dll. 

3. Tampilkan pengalaman kerja yang relevan

Dalam hal ini tidak hanya pengalaman pekerjaan disuatu perusahaan A ataupun B, tetapi pengalaman kerja dalam bidang apapun walaupun pekerjaanya hanya magang atau tidak dibayar yang terpenting ditampilkan secara lengkap dan tentunya relevan dengan pekerjaan yang dilamar. 

4. Hapus referensi (rekomendasi) kecuali diminta oleh perusahaan

Jika perusahaan tersebut meminta referensi (rekomendasi) dari seseorang ataupun yang ahli dalam bidang pekerjaan tersebut maka tampilkan tetapi jika perusahaan tidak membutuhkan tidak usah ditampilkan.

5. Masukan hobi dan minat tetapi yang relevan dengan pekerjaan

B. Mengedit Isi Riwayat Hidup

Dipembahasan sebelumnya bahwa setiap riwayat hidup terdapat kop (letterhead), heading (jenis pekerjaan yang dilamar), summary (ringkasan kemampuan dalam bidang pekerjaan yang dilamar, technical skill (keterampilan teknis atau kemampuan sipelamar), professional experience (pengalaman kerja) dan education & certificate (riwayat pendidikan dan sertifikat pendukung).
  1. Hapus bagian tujuan karir yang panjang dalam ringkasan kemampuan dalam bidang pekerjaan, jadi dibuat sesimpel mungkin. Jika Anda melamar pekerjaan, jelaskan tujuan secara simpel tidak bertele tele tujuan Anda.
  2. Buatlah deskripsi kerja sespesifik mungkin.
  3. Hapus bahasa yang berlebihan dan buatlah menjadi point-point penting.
  4. Untuk kata-kata yang bisa disingkat lebih baik ditampilkan dengan singkatan saja jangan ditulis secara lengkap misal point of sale transactions cukup POS transactions

C. Sesuaikan Tulisan atau Format dalam Riwayat Hidup

  1. Jika lebih dari satu halaman ganti ukuran font menjadi 10pt tetapi jangan lebih rendah dari 10pt karena akan terlihat tidak baik minimal 10pt maksimal 12pt. Gunakan huruf tebal dan miring untuk membuat judul dan informasi penting
  2. Ubah spasing misal dari 2 menjadi 1,5 , 1,15 ataupuan bisa menjadi 1.
  3. Mengubah margin dan ukuran kertas tetapi alangkah baiknya jika menggunakn A4

Sumber: wikihow.com

LihatTutupKomentar