-->
Manfaat Buah Pisang untuk Sembelit Yang Jarang Diketahui
Dapatkah Anda menyebutkan satu jenis buah yang enak dan sehat, tersedia sepanjang musim dan dapat ditemukan di seluruh dunia?

Ya, ini pisang. Pisang dicintai oleh orang-orang di seluruh dunia karena buah ini relatif murah dan mudah ditemukan. Selain itu, ada banyak manfaat kesehatan pisang untuk sarapan atau sebagai camilan sehat dan salah satu manfaat efektif pisang adalah untuk sembelit.

Secara harfiah, konstipasi adalah suatu kondisi dimana gerakan usus jarang terjadi. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sembelit baik dari eksternal dan internal meskipun dalam banyak kasus sulit untuk menunjukkan satu penyebab akurat untuk sembelit.

Manfaat Kesehatan Pisang untuk Sembelit Yang Jarang Diketahui
Namun, sangat mudah untuk menentukan gejala sembelit dan yang paling umum adalah ketika Anda merasa sulit untuk mengosongkan tinja dari rektum Anda dan Anda melewati kurang dari tiga atau empat bangku per minggu.



Manfaat Kesehatan Pisang untuk Sembelit

Nilai Nutrisi Pisang untuk Sembelit
Nah, dalam banyak kasus sembelit tidak bersifat fatal dan bukan kondisi serius kecuali Anda mengalaminya dua atau tiga kali dalam bulan yang sama dan jika demikian, Anda harus menemui dokter.

Namun, jika kadang-kadang terjadi apa yang perlu Anda lakukan hanyalah mengonsumsi lebih banyak pisang. Daftar manfaat pisang untuk sembelit di bawah ini akan menjelaskan lebih banyak mengapa buah ini sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan.

Pisang Merupakan Serat Tinggi
Ini adalah pengetahuan umum bahwa salah satu manfaat kesehatan utama dari serat adalah untuk mengobati sembelit. Meskipun satu ukuran sedang pisang tidak akan dapat memenuhi asupan serat setiap hari tetapi mengkonsumsi dalam jumlah harian dapat membantu mencegah sembelit.

Serat, terutama serat larut memiliki peran penting dalam membantu tinja agar tetap lembut, sehingga lebih mudah untuk bergerak di dalam usus. Pisang yang lezat bisa dicampur dengan manfaat yogurt untuk kesehatan menjadi smoothies untuk membantu mengobati sembelit secara efektif dan alami.

Pisang Bisa Meningkatkan Gerakan Usus
Seperti disebutkan di atas, gerakan usus yang lebih lambat dapat menyebabkan sembelit. Itu terjadi ketika tinja keras dan kekurangan air.

Serat larut memiliki peran penting untuk menyerap air dan alasan mengapa tinja lunak dan mudah dipindahkan ke dalam usus. Itulah mengapa mengkonsumsi pisang sangat bagus untuk meningkatkan gerakan usus dan mengobati kondisi seperti sembelit dengan cara instan.

Pisang Kaya Akan Tahan Pati
Apakah pati resisten? Beberapa penelitian telah menemukan bahwa terlalu banyak pati resisten dapat menyebabkan gerakan usus yang lambat dan sembelit karena kemampuan utamanya adalah menyerap air.

Nah, faktanya adalah pati resisten juga penting untuk meredakan konstipasi hanya jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Pisang mentah mengandung pati lebih tahan sementara pisang matang mengandung cukup pati resisten. Pati resisten itu sendiri adalah karbohidrat kompleks yang mengandung serat yang penting untuk mengobati konstipasi.

Pisang Bisa Bertindak sebagai Probiotik
Apa yang Anda ketahui tentang manfaat kesehatan probiotik? Di dalam usus ada dua jenis bakteri, baik dan buruk. Pati resisten yang terkandung dalam pisang matang adalah makanan yang sangat baik untuk bakteri 'baik' di dalam usus. Itulah mengapa mengkonsumsi pisang hampir sama seperti Anda mengonsumsi probiotik. Bakteri 'baik' di dalam usus memiliki kontribusi penting dalam meningkatkan kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh manusia.


Pisang Mengandung Pektin untuk Meringankan Sembelit
Selain serat, pektin juga bagus untuk meredakan sembelit. Mengkonsumsi pisang dapat menghasilkan enzim spesifik yang dikenal sebagai pektinase. Penguraian enzim pektinase ke pektin adalah cara terbaik untuk mengobati dan mengurangi konstipasi.

Namun, ada satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam hal ini. Jumlah pektin di lebih dari pisang matang lebih tinggi, serta kandungan gula. Jadi, kombinasi itu tidak baik untuk sembelit. Itu sebabnya, untuk mengobati sembelit lebih baik mengkonsumsi pisang matang saja dan hindari pisang matang atau tidak matang.

Pisang untuk Balita
Pisang super sehat dan bahkan super baik untuk anak-anak, anak-anak atau balita. Tidak mudah menghadapi sembelit ketika Anda dewasa dan bahkan lebih sulit ketika Anda memiliki balita yang mengalami sembelit.

Anda tidak bisa memberi mereka apa pun kecuali balita menyukai pisang dan selama Anda memberi mereka pisang matang, kondisi seperti sembelit bisa diobati secara alami dan efektif. Bahkan jika anak-anak Anda tidak suka pisang, Anda bisa membuatnya menjadi kue favorit atau smoothie yang lezat.

Pisang Bagus Selama Kehamilan
Selama kehamilan, konstipasi adalah hal yang biasa terjadi. Namun, selama kehamilan Anda harus sangat berhati-hati dengan apa yang Anda konsumsi karena apa pun itu dapat mempengaruhi janin di dalam rahim.

Namun, ada begitu banyak manfaat pisang untuk kehamilan, tidak hanya kaya serat untuk membantu meringankan sembelit tetapi pisang juga kaya vitamin dan mineral, terutama vitamin B9 yang juga dikenal sebagai folat. Manfaat kesehatan dari asam folat atau folat termasuk mengoptimalkan perkembangan otak dan sistem syaraf.

LihatTutupKomentar