-->
Tips Sederhana Mengelola Keuangan Yang Baik
Tips Mengelola Keuangan Yang Baik Untuk Pria - Dalam konsep kuno kaum lelaki dianggap sebagai kepala keluarga yang harus menopang anggota keluarganya. Seorang lelaki harus memiliki kemandirian dalam hal finansial untuk membentuk sebuah keluarga. Untuk menghidupi istri dan anak-anaknya.

Konsep kuno tersebut perlahan bergeser seiring perkembangan waktu. Dengan adanya emansipasi, sekarang wanita telah memiliki hak yang sama seperti kaum pria untuk urusan mendapatkan kemandirian finansial. Namun bagaimanapun perkembangan zaman sekarang, konsep kewajiban dan tanggung jawab serta beban moral seorang lelaki tidak bisa dihapus begitu saja dari seorang pria.


Bagaimanapun kondisi sosial sekarang, lelaki masih dianggap sebagai sosok yang harus mapan secara finansial, sekurang-kurangnya berada pada tingkat ekonomi menengah untuk menjamin ekonomi keluarganya.

Hal ini berdampak pada usia menikah bagi kaum pria yang diatas rata-rata kaum wanita. Tidak jarang kita temukan wanita yang menikah di usia 18 tahun atau paling lama di usia 26 tahun sudah dianggap titik toleransi bagi wanita untuk menikah. Sedangkan bagi pria, untuk menikah mereka harus siap secara finansial terlebih dahulu, itu sebabnya masyarakat tidak menganggap aneh jika ada pria yang berusia 35 tahun tapi belum menikah, kondisi ini terbalik dengan wanita.

Beban moral yang dimiliki kaum pria memaksa mereka yang hidup pada zaman era globalisasi sekarang untuk sedaya upaya mencari uang yang lebih demi memandirikan diri sendiri dan merasa pantas untuk membangun keluarga.

Tips Sederhana Mengelola Keuangan Yang Baik

Katakanlah untuk biaya beli kendaraan, baik itu roda dua ataupun roda empat biasanya itu dibebankan kepada kaum pria. Lalu kaum pria juga memiliki beban untuk menanggung biaya pernikahan yang nominalnya bisa mencapai paling kurang 20juta rupiah. 

Ditambah lagi dengan jaminan pendidikan dan kesehatan keluarga. Hal ini membuat pria memang harus memiliki pendapatan ekstra untuk membangun sebuah keluarga.

Untuk itu kali ini, admin akan membagikan tips memanajemen keuangan yang baik versi "Living Wealth" semoga bisa bermanfaat untuk kaum pria yang masih merintis perekonomian mandirinya.

1. Sisihkan Uang Untuk Kondisi Darurat (tak terduga)
Dalam kondisi mendapat rezeki yang lebih dari biasanya ada baiknya mulai dari sekarang para eksekutif muda mulai menyisihkan uang untuk bersiap-siap terhadap pengeluaran tak terduga. 

Hal ini dapat meminimalisir pengeluaran dimasa mendatang, ketika memang harus menghadapi situasi yang tak diharapkan tersebut.

2. Menetapkan Gaji Untuk Diri Sendiri
Seorang Pria harus bisa menetapkan nominal pengeluarannya, baik itu secara perminggu maupun perbulan. Misalnya anda seorang entrepreneur yang memiliki pendapatan 5juta rupiah, jangan habiskan semua pendapatan anda walaupun anda sangat yakin bulan berikutnya anda akan mendapatkan uang dengan jumlah yang tidak kurang dari 5juta.

Mulailah tetapkan pengeluaran perhari misalnya 100ribu rupiah perhari atau perbulan sama dengan 3juta rupiah. Dengan demikian jika pendapatan perbulan anda sebesar 5juta rupiah, maka anda akan memiliki tabungan sebesar 2juta rupiah pada bulan ini. Yang mungkin bisa digunakan untuk keperluan jangka pendek ataupun jangka panjang.

Jika kondisinya pendapatan anda perbulan hanya sekitar 2juta rupiah maka tentukan saja pengeluaran perhari sebesar Rp50.000 dengan demikian pengeluaran perbulan anda sebesar Rp1.500.000, itu berarti anda telah memiliki tabungan sebesar 500ribu rupiah.

Begitu seterusnya upayakan untuk menargetkan pengeluaran dibawah nominal pendapatan perbulan.

3. Memperbaharui Pendapatan
Memperbaharui pendapatan artinya mencari peluang atau kesempatan pendapatan baru untuk menambah pundi-pundi rupiah. Dengan demikian selain memiliki jaringan yang lebih luas, penghasilan anda pun terus bertambah, tidak hanya mengandalkan dari satu sektor saja. 

Disini letak keunggulan pria dibandingkan wanita, karena pria memiliki rentang waktu sosialisasi yang lebih panjang dalam sehari dibanding seorang wanita. 

Dengan pertimbangan bahwa seorang wanita yang pulang kerumah diatas pukul sepuluh malam akan memberikan citra berbeda yang mungkin negatif bagi masyarakat sekitar, sedangkan bagi pria, bersosialisasi hingga larut malam sekalipun tidak akan menjadi isu bagi masyarakat sekitar.

4. Lebih Banyak Membaca
Dianjurkan bagi pria untuk rajin membaca, dengan membaca maka akan membuka pemikiran sehingga ide-ide kreatif untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah semakin terbuka lebar.

5. Menunda Kepuasan
Bagi kaum pria sangat diperlukan untuk tidak merasa nyaman terhadap pencapaian yang telah dimiliki sekarang. Tetaplah berusaha untuk mengembangkan usaha ataupun karir supaya peningkatan prestasi dan peningkatan pendapatan dapat tercapai seiring waktu.

Jangan pernah merasa puas saat berada pada posisi tertentu, karena perekonomian sekarang bergerak fleksibel, kita harus mengerti bahwa inflasi dan nilai uang berbeda dari tahun ketahun.

6. Menanamkan Pemikiran Bahwa Kerja Keras Tidak Harus Sebanding Dengan Pendapatan
Seorang pria harus mengetahui bahwa konsep bekerja keras memang tidak sebanding dengan pendapatan yang dimiliki. Karena justru ide-ide cemerlang dengan upaya yang minimalah yang bisa meraup keuntungan yang besar.

7. Tuliskan Target Pengeluaran
Sangat perlu sekali untuk menulis target maksimal pengeluaran untuk minggu atau bulan depan. Dengan demikian dapat diupayakan pengeluaran yang berlebihan.

Demikianlah postingan kali ini, tentang TipsMengelola Keuangan Yang Baik Untuk Pria. Semoga bermanfaat.


LihatTutupKomentar